Tuesday 11 May 2021

Cerita Akhir Pekan : Memaknai Hari Demi Hari di Ramadhan Tahun Ini

Pada hari Senin, tanggal 13 April 2021 M pemerintah mengumumkan bahwa hari tersebut bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan 1442 H. Alhamdulillah.. aku masih diberi kesehatan dan keberkahan usia sehingga dapat bertemu kembali dengan bulan Suci ini. 

Namun, masih sama seperti tahun sebelumnya, puasa kali ini masih dijalankan dalam suasana yang tak biasa. Tentu berbeda rasanya, seakan sukacita ramadhan seperti masih terhalang oleh pandemi ini. Well, keadaan ini tentunya tidak menjadi penghalang seorang umat muslim untuk tetap berpuasa. Begitupun aku, kesan mendalam tentang Ramadhan 1442 H aku rangkum dalam beberapa poin dibawah ini.. Apa saja? Simak hingga akhir, ya! 

Baca Juga : Hikmah Puasa di Tengah Pandemi : Apa Saja? 

Banyak Kesempatan Quality Time with Family 

Pengalaman ini tentunya banyak dialami oleh mayoritas orang. Lihat saja, tempat-tempat makan banyak yang berkurang jam operasionalnya bahkan hingga ditutup. Berbeda ketika suasana normal tanpa pandemi, tentu mayoritas dari kita akan mendapat undangan buka puasa misalnya, sehingga tidak menutup kemungkinan banyak dari kota yang memilih untuk berbuka puasa di luar daripada dirumah. 

Aku sendiri, begitu memanfaatkan momen ini untuk quality time with family, sederhana saja namun berkesan. Bagaimana caranya? Sebagai seorang anak perempuan paling besar, aku terbiasa untuk menyiapkan makanan untuk buka puasa dan sahur. Dimulai pukul 14.00 untuk menyiapkan makanan buka puasa, aku biasanya sudah aktif didapur, kesibukan ini berlanjut kira-kira pukul 16.00. 

Momen quality time with family biasanya terbentuk ketika waktu buka puasa tiba. Suasana ramai penuh canda tawa mewarnai rumah. Keramaian ini kemudian berlanjut kekhusyu'an kami dalam beribadah tarawih dan dilanjut tadarus Al-Qur'an. 

Jadi Lebih Produktif di Ramadhan Ini

Memang salah satu target tahun ini adalah aku mendalami skill baru yaitu menulis. Alhamdulillah, jalan selalu ada jika kita mau berusaha. Semenjak aku kembali aktif ngeblog mulai Februari 2021, aku ingin mengupgrade skill menulisku, salah satunya dengan mengikuti lomba-lomba blog. 

Bahkan, di salah satu blog challenge yang aku ikuti, aku berhasil menulis blog selama 30 hari berturut-turut selama bulan Ramadhan ini. Alhamdulillah.. 

Baca Juga : [Sharing Session : Jilid 1] Pengalaman Mengikuti 30 Day Blog Challenge BPN Ramadan 2021

Nah, itu dia pengalaman ramadhanku tahun ini. Pelajaran yang aku dapat dari Ramadhan tahun ini adalah keikhlasan dan kesabaran dalam menghadapi ujian yang belum usai, yaitu pandemi COVID-19. Tidak hanya itu, ujian yang ada bukan membuat aku lemah tetapi bagaimana caranya tetap berusaha dan mengupayakan yang terbaik untuk diri sendiri dan orang-orang yNg di sayangi, yaitu keluarga. 

Kalau kamu, apa saja pengalaman selama ramadhan ini? share di kolom komentar yah



0 comments:

Post a Comment