Friday 7 May 2021

Sinergi Foundation : Solusi Tunaikan Zakat yang Mudah nan Menguntungkan

sumber : sinergifoundation.org

 Sinergi Foundation : Solusi Tunaikan Zakat yang Mudah nan Menguntungkan - Salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim adalah menunaikan zakat. Zakat adalah satu bentuk ibadah yang mengedepankan nilai-nilai sosial disamping membawa pesan-pesan spiritual. Zakat sendiri mengandung dua dimensi yaitu hahblum minallah atau dimensi vertikal dan hablum minannas atau dimensi horizontal. Ibadah ini apabila ditunaikan dengan baik akan meningkatkan kualitas keimanan, membersihkan dan mensucikan jiwa dan memberikan keberlahan terhadap harta yang telah dimiliki. 

Seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Ad Dzariyat (51) : 19 yang artinya "Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta-minta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian". Hal ini mengisyaratkan kepada kita bahwa sudah sewajarnya ibadah menunaikan zakat ini kita lakukan dengan sepenuhnya ikhlas dan tulus. 

Lantas, kepada siapakah zakat ini disalurkan? Telah dijelaskan dalam surat At-Taubah ayat 60 yang artinya "Sesungguhnya, zakat-zakat itu hanyalah untuk orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'alaf yang dibujuk hatinya untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang untuk jalan Allah, dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana".

Cara Penyaluran Zakat di Era Modern

Semakin canggihnya teknologi, kini zakat makin dimudahkan cara penyalurannya. Terlebih pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, selain bekerja dari rumah, kita juga bisa bayar zakat dari rumah melalui aplikasi zakat online yang banyak tersedia. Lantas, bagaimana pandangan ulama' mengenai tatacara penyaluran zakat secara online ini? 

Menilik dari situs zakat.or.id yang disampaikan oleh Syaikh Yusuf Al-Qardhawi bahwa zakat akan tetap sah walaupun pemberi zakat tidak menyatakan secara eksplisit kepada mustahik bahwa dana yang ia berikan adalah zakat. Perbedaan membayar zakat secara online dan secara langsung hanya berbeda media saja. Dengan catatan zakat yang ditunaikan sampai kepada penerima zakat dan dikelola oleh lembaga yang jelas, hal ini dinilai sebagai kemudahan dalam melaksanakan amal shaleh berupa menunaikan zakat. 

Mengenal Lebih Dekat Tentang Sinergi Foundation

sumber : sinergifoundation.org

Sinergi Foundation adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan  inovasi sosial-pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS). Sinergi Foundation juga berkomitmen untuk memberdayakan sumberdaya lokal menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter. 

Sinergi Foundation juga telah memiliki SK Badan Wakaf Indonesia (BWI) Surat Tanda Bukti Pendaftaran Nadzur dengan nomor pendaftaran 3.3.00056 serta Lembaga Amil Zakat sesuai SK Menyeri Agama DJ.III/564 Tahun 2016.

Lembaga ini memiliki visi, misi dan tujuan sebagai berikut : 

  • Visi : Pengembang Kreativitas dan Inovasi Sosial-Pemberdayaan Berbasis Wakaf Produktif dan Zakat, Infaq, Sedekah
  • Misi : Mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi soaial-pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS, membangun sinergi antar elemen peduli, gun meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian kepada masyarakat dan meretas jalan bersama melalui pendayagunaan sumberdaya lokal menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter. 
  • Tujuan : Terlaksananya pengembangan kreativitas dan inovasi soaial-pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS, terwujudnya sinergi antar elemen peduli, gun meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pengabdian kepada masyarakat dan terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif dan berkarakter melalui pemberdayaan sumberdaya lokal. 


Sinergi Foundation : Solusi Mudah Tunaikan Zakat 

Mendekati Hari Raya Idul Fitri seperti saat ini, sudah saatnya kita meluangkan waktu untuk menunaikan zakat. Dengan berbagai kondisi pandemi seperti sekarang, solusi mudah saat ini adalah berzakat melalui Sinergi Foundation. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebelum berzakat melalui Sinergi Foundation, yaitu : 
  1. Search laman www.sinergifoundation.org di google
  2. Klik tiga garis di sebelah kanan, kemudian pilih Register (jika belum memiliki akun) atau pilih login (jika sudah memiliki akun)
  3. Klik go to Donasi Zakat, lalu klik menu Donasi Zakat
  4. Pilih zakat yang akan dibayarkan. Caranya dengan mengklik salah satu dari beberapa pilihan zakat diantaranya zakat fitrah, zakat profesi, zakat peternakan, zakat perusahaan, zakat perniagaan, zakat tabungan, zakat emas dan perak.
  5. Masukkan nominal yang akan ditunaikan zakat 
  6. Klik tunaikan zakat, lalu pilih metode pembayaran
  7. Transfer sesuai nominal pembayaran
  8. Konfirmasi Donasi Zakat
  9. Apabila zakat telah diterima oleh sistem, maka notifikasi akan dikirim melalui WA/Email
Sangat mudah, bukan? Bagi kamu yang masih bingung dengan langkah diatas, kamu bisa langsung menyimak video tutorial zakat melalui Sinergi Foundation berikut ini : 



Keuntungan Berzakat Melalui Sinergi Foundation 

Selain dapat menunaikan zakat dengan mudah, terdapat keuntungan yang bisa didapatkan dari berzakat melalui Sinergi Foundation, diantaranya : 

1. Lebih Menjaga Keikhlasan Hati

Dalam menjalankan ibadah, penting untuk menjaga niat, sepenting menjaga hari dalam beramal. Dengan menunaikan zakat secara online, akan terhindar dari niat dan kepentingan yanh merusah pahala, sekaligus sebagai wujud menjaga keikhlasan hati dalam menunaikan zakat.

2. Lebih Produktif

Dengan komitmen Sinergi Foundation yang melakukan pemberdayaan maksimal serta pengelolaan yang transparan maka zakat dapt didistribusikan secara tepar kepada penerimanya. 

3. Lebih Aman dan Fleksibel

Sinergi Foundation sudah mempunyai laman web yaitu sinergifoundation.org yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Selain itu, pilihan pembayaran yang beragam dapat disesuaikan dengan keinginan sehingga dapat meminimalisir biaya tambahan. 

Nah, itu dia tentang zakat yang mudah nan menguntungkan di Sinergi Foundation. Bagi kamu yang ingin menunaikan zakat, langsung saja, simak tutorialnya seperti yang telah dijelaskan diatas. Lalu, luruskan niat dan segera kunjungi web sinergifoundation.org  atau klik link bit.ly/sinergizakat. So, jangan ragu lagi.. Mari tunaikan zakat bersama Sinergi Foundation : Solusi Berzakat Mudah nan Menguntungkan!


 

 




0 comments:

Post a Comment