Monday 19 April 2021

Ini Dia! Peluang Usaha Online yang Bisa Kamu Lakukan di Tahun 2021

Memasuki akhir bulan di tahun ini, trend transaksi jual beli kembali mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut disebabkan karena di Indonesia masih dilanda pandemi yang membuat transaksi jual beli mayoritas dialihkan ke transaksi online. 

Selain itu, kenaikan trend jual beli juga disebabkan karena pada bulan Ramadhan ini, banyak kebutuhan yang juga harus dipenuhi oleh masyarakat. Terlebih seperti saat ini ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri, bisa dipastikan trend jual beli kembali mengalami lonjakan. 

Sumber : pixabay.com

Trend transaki jual beli pada bulan Ramadhan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri inilah yang memicu banyaknya peluang usaha online di masyarakat. Nah, bagi kamu yang ingin memulai usaha berbasis fleksibilitas, dibawah ini adalah peluang usaha online yang bisa kamu lakukan di tahun 2021. Apa saja? Simak ya!

1. Tanaman Hias 

Peluang usaha tanaman hias secara online tahun ini cukup menjanjikan. Hal ini karena semakin tingginya minat masyarakat terhadap tanaman hias yang bisa mempercantik ruangan indoor maupun outdoor. Alasan lain adalah karena saat ini sebagian besar masyarakat di Indonesia masih dalam masa pademi yang menjadikan sebagian besar masyarakat menghabiskan waktunya dirumah, mulai dari belajar bahkan bekerja. Hal ini memungkinkan bisnis tanaman hias memiliki prospek yang cukup bagus untuk dikembangkan menjadi bisnis jangka panjang. 

Tak hanya tanaman hias, kamu bisa juga menjual benih, bibit, pupuk, media tanam, berbagai macam pot dan perlengkapan bertanam lainnya. Jika kamu memiliki hobi ini, maka peluang usaha tanaman hias bisa mulai kamu lakukan. Sebelumnya, lakukan riset konsumen terlebih dahulu untuk mengetahui jenis tanaman hias dan kebutuhan bertanam apa saja yang dibutuhkan dan sedang menjadi trend di kalangan masyarakat.

Belakangan ini, muncul berbagai macam tanaman hias yang tengah naik daun. Berbagai kalangan pun tidak ragu untuk mengkoleksinya. Untuk menyiasati harga beli tanaman hias yang mahal, kamu bisa membudidayakannya dari awal hingga berkembang biak dan bisa kamu jual lebih banyak.

2. Berbagai Macam Parsel atau Hampers

Parsel atau hampers berarti memberikan hadiah atau bingkisan. Di Indonesia, memberikan parsel atau bingkisan seperti sudah menjadi budaya. Parsel identik dengan pemberian bingkisan yang dihias dan disusun bertumpuk. Sementara, sebutan hampers saat ini dinilai lebih kekinian. Memang, seperti ada pergeseran istilah diantara keduanya, namun jika dilihat dari fungsi dan kegunaannya, parsel dan hampers tetaplah sama.

Terdapat berbagai macam isian parsel atau hampers, misalnya makanan, kue kering, perabotan dapur, alat makan, baju, hijab dan lain sebagainya yang bisa disesuaikan (custom) dengan keinginan konsumen. 

Setelah kamu menawarkan pembuatan parsel atau hampers, biasanya calon konsumen akan menentukan tema, warna dan isi parsel atau hampers yang diinginkan. Kemudian, budget dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Untuk mempermudah hal tersebut, kamu bisa menyusun katalog berisi gambar parsel, beserta detail isi dan harganya. Cantumkan juga kegunaan masing-masing isi parsel agar lebih menarik perhatian konsumen. 

Kondisi pandemi seperti sekarang dan menjelang hari raya Idul Fitri seperti saat ini, peluang usaha pembuatan parsel atau hampers ini makin menjanjikan karena sebagian besar orang ingin memberi bingkisan kepada orang terdekat, terlebih mendekati hari raya, pasti konsumen dengan mudah bisa didapatkan. 

3. Jasa Titip (Jastip)

Jasa titip biasanya dikhususkan untuk layanan informal yang menawarkan bantuan untuk mendapatkan suatu barang atau pemenuhan kebutuhan konsumen namun konsumen tersebut tidak bisa membelinya sendiri secara langsung. Keuntungan dari jastip biasanya diambil dari biaya tambahan saat konsumen membayar barang yang dipesan.

Dalam menjalankan usaha jastip ini, kamu harus rajin melakukan update terhadap trend apa saja yang sedang digemari di kalangan masyarakat. Kamu juga bisa bekerjasama dengan pemilik toko atau supplier agar bisa menemukan produk dengan cepat ketika ada konsumen yang mencari barang tersebut.

Jastip termasuk usaha yang asyik dan menyenangkan. Sebab hanya bermodalkan smartphone dan sambungan internet untuk mengupload barang yang ingin diperlihatkan kepada konsumen, kamu sudah bisa memulai usaha ini. Tentu, kekuatan promosi menjadi kunci dalam usaha ini.

4. Online Fashion Store

Peluang usaha online selanjutnya adalah online fashion store. Mengapa? karena saat ini banyak masyarakat yang tertarik dengan belanja online karena kemudahannya. Melalui penjualan online, produk fashion seakan tidak ada matinya dan hal ini menunjukkan tingginya kebutuhan fashion

Untuk memulai usaha online fashion store  ini, kamu perlu melakukan riset untuk mengetahui produk yang diinginkan konsumen. Ketahui juga kelebihan masing-masing produk fashion agar kamu bisa memasarkannya secara lebih terukur. Selain itu, terapkan juga promo-promo yang menarik agar konsumen makin tertarik untuk membeli produkmu. 

5. Jasa Editor Foto / Video Online

Saat ini, sebagian besar masyarakat sudah awam dengan tampilan foto atau video yang menarik. Termasuk bagi pemilik usaha, mereka menginginkan foto produk yang menarik untuk menjaring minat konsumen. 

Umumnya edit foto atau video dibutuhkan untuk memperbaiki estetika foto atau video tersebut. Meskipun banyak aplikasi gratis yang bisa dipelajar untuk melakukan edit foto, namun hasilnya tentu berbeda. Untuk itu, jasa editor foto atau video sangat menjanjikan, apalagi bagi kamu yang sudah mempunyai basic pengetahuan di bidang ini. 

Untuk memulai peluang usaha jasa editor foto atau video langkah yang bisa kamu mulai adalah dengan menyiapkan peralatan, kemudian kuasai software edit foto, memulai keahilan mengedit dan jangan lupa untuk memberikan tawaran menarik seperti promo atau souvenir jika konsumen melakukan pembelian melebihi jumlah tertentu.

6. Produk Ramah Lingkungan

Berdasarkan riset, saat ini konsumen tertarik dengan berbagai produk ramah lingkungan. Hal ini mempunyai tujuan yang mulia yaitu sebagai wujud melestarikan bumi dan lingkungan. Produk ramah lingkungan yang memiliki peluang usaha online diantaranya seperti tote bag, aksesoris dari barang daur ulanh, sabun organik,alat makan zero waste dan lain sebagainya. 

Nah, untuk memulai beberapa peluang usaha online diatas, tak usah ragu dalam mengembangkannya secara luas. Saat ini terdapat penyedia layanan website yang memudahkan para pelaku usaha online untuk mengembangkan sarana promosi yang lebih luas, yaitu Exabytes IndonesiaExabytes Indonesia adalah penyedia web hosting profesional di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2001. Exabytes Indonesia juga melayani support customer service 24x7x356 untuk memudahkan kamu ketika menemukan kendala. Selain menyediakan hosting terbaik, Exabytes Indonesia juga menawarkan pilihan menarik diantaranya ialah beli hosting gratis domain yang merupakan promo grow prefosional dari Exabytes Indonesia untuk mewujudkan UKM go online

Selain promo diatas, bagi kamu yang ingin menghasilkan tambahan uang tersedia juga program afiliasi terbaik dan berkesempatan mendapatkan komisi sebesar 25%. Tak hanya itu, tersedia juga promo reseller hosting yang menawarkan kesempatan untuk menjual kembali web hosting dengan kontrol yang maksimum dan fleksibilitas. 

                Sumber : youtube.com

Dengan berbagai kemudahan diatas, tak usah ragu lagi untuk membuat website di Exabytes Indonesia, karena dengan website memiliki banyak keuntungan untuk mengembangkan bisnis online yang tidak bisa terpenuhi hanya dengan melakukan promosi melalui media sosial. 

Finally, apapun usaha yang akan kita lakukan, kuncinya adalah konsisten dan kerja keras. Perlu kamu ingat juga, sifat jujur juga sangat penting terutama dalam membangun usaha online sehingga akan memberikan manfaat yang baik jangka panjang. Semoga uraian diatas dapat menginspirasi kamu untuk membuka peluang usaha online di tahun 2021 ya..


Referensi :

https://www.exabytes.co.id/lomba-blog?utm_source=facebook&utm_medium=cpc&utm_campaign=lomba-blog-2021

https://www.exabytes.co.id/web-hosting/membuat-website

https://www.exabytes.co.id/grow-profesional

https://www.exabytes.co.id/program-afiliasi

https://www.exabytes.co.id/web-hosting/reseller-hosting

https://www.google.co.id/amp/s/www.exabytes.co.id/blog/peluang-bisnis-online-di-2021/amp/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200518151859-284-504556/beda-parsel-dan-hampers-untuk-lebaran






0 comments:

Post a Comment