Tuesday 13 April 2021

My Resolution in 2021 : A New Laptop for Blogging

Memasuki pertengahan bulan April tahun ini, disambut dengan sukacita bagi beberapa orang, termasuk aku sendiri. Kenapa? alasannya karena di bulan ini-lah bulan Suci Ramadhan tiba. Wah, sudah kebayang nih, nikmatnya berbuka puasa ditemani kurma yang manis *semanissenyumanku :) 
Ehm, tapi bukan itu maksudnya.. 

Sisi lain mengapa aku begitu excited di bulan ini adalah karena aku sedang menikmati hobi baru, yaitu menulis blog. Bahkan, saat ini aku juga sedang fokus untuk "membangun" blog. 

Bisa dibilang, aktivitas ngeblog ini bisa aku lakukan setiap hari. Beruntungnya, aktivitas ini pun fleksibel, bahkan ada waktu tertentu dimana aku dengan mudah bisa menemukan inspirasi. 

Selain itu, semangatku dalam menulis menimbulkan mood yang bagus sehingga dapat menunjang proses menyelesaikan proyek ngeblog.

Sumber : https://bit.ly/NewExpertB

Namun dibalik itu semua, ada beberapa hal yang masih menjadi rencana bisnisku dalam "membangun" blog ini. Salah satunya ialah mempunyai Laptop yang mumpuni untuk mendukung produktifitas ngeblog. 

Alasannya, sudah pasti aku ingin lebih profesional dengan menghasilkan kualitas tulisan serta konten yang bagus sehingga harus didukung dengan sarana prasarana yang baik termasuk mempunyai laptop idaman.

My Resolution in 2021 : A New Laptop for Blogging

Membahas tentang laptop idaman, beberapa kali aku melirik laptop keluaran terbaru dengan spesifikasi yang handal. Salah satunya ialah produk keluaran ASUS ExpertBook B9 (B9400) yakni laptop ringan dan ringkas untuk bisnis, memiliki perlindungan dari kejadian tak terduga serta keamanan kelas enterprise dengan tagline ASUS Expert Book Built for Business. 

Dilansir dari laman tekno.kompas.com
"Asus ExpertBook B9 merupakan laptop bisnis 14 inci paling ringan di dunia dan memiliki berat kurang dari 1 kg". Pernyataan tersebut disampaikan oleh Asus Southeast Asia Regional Director, Jimmy Lin. Selain itu, ExpertBook B9 dirancang secara ramping dan minimalis agar mudah untuk dibawa kemana-mana. Begitu praktis dan benar-benar menunjang aktifitas blogging. Untuk spesifikasi laptop ExpertBook B9 (B9400) adalah : 

Spesifikasi

Asus ExpertBook B9

Dimensi

1,49 x 32 x 20,3 cm

Bobot

870 gram (baterai 33W)

995 gram (baterai 66W)

Layar

LED-backlit 14 inci, IPS Full HD (1920x1080), rasio aspek 16:9, layar anti-glare, tingkat kecerahan 300 nits

CPU

Intel Core i5-10210 (1,6 GHz quad-core dengan Turbo Boost hingga 4,2 GHz dan cache 6 MB)

Intel Core i7-10510U (1,8 GHz quad-core dengan Turbo Boost hingga 4,9 GHz dan cache 8 MB)

GPU

Intel UHD Graphics 620

Sistem operasi

Windows 10

RAM

8 GB/16 GB 2133 MHz LDDR3 onboard (dukungan dual channel)

Media penyimpanan

Dual M.2 NVMe PCIe 3.0 x4

SSD 512 GB/1 TB/2 TB (mendukung hingga dual 2 TB)

Kamera

720p HD dengan mikrofon dan kamera IR

Konektivitas

Wi-Fi 6 (820-11ax), Bluetooth 5.0, LAN

Audio

Harman Kardon

Input/output

2x Thunderbolt 3 USB-C

1x USB 3.1 Gen 2 Type-A

1x HDMI

1x RJ45 LAN via HDMI port

1x Kensington lock

1x audio combo jack

Baterai

33Wh, 2-cell lithium-polymer

66Wh, 4-cell lithium-polymer

Didukung dengan spesifikasi yang mumpuni seperti yang dijelaskan diatas, aku yakin laptop ini juga cocok untuk bisnis yang dimulai dari sebuah blog, seperti rencana bisnisku saat ini. 

Beberapa alasan mengapa laptop ini aku sebut laptop impian untuk mendukung rencana bisnisku karena : 

1. Telah didukung oleh prosesor Intel Core™ i7 vPro® generasi ke-11 dengan grafis Iris Xe dan intel WiFi 6 super cepat, memberikan komputasi, jaringan, dan kinerja grafis yang cepat dan responsif. 

2. Dilengkapi dengan 2 SSD untuk menyediakan kapasitas hingga 2 TB dan kecepatan yang lebih, dan mendukung teknologi RAID untuk meningkatkan keandalan dan pengoperasian data.

3Teknologi Panel Self Refresh yang hemat energi serta teknologi pengisian cepat memungkinkan untuk mengisi ulang baterai hingga kapasitas 60% hanya dalam 39 menit.

4. Memiliki sensor jarak cerdas yaitu Adaptive Lock yang dengan mudah dapat mendeteksi keberadaan pemilik laptop serta menggunakan kamera infra merah terintegrasi untuk mengenali wajah. Ditambah lagi, ExpertBook B9 ini secara otomatis mengunci sendiri dan melindungi laptop dan data didalamnya. 

5. Layar NanoEdhe 14 inchi tanpa bingkai memberi kesan lebar dan luas. Panel anti silau juga mengurangi pantulan, memastikan visual yang mendukung pencahayaan sehingga dapat mengurangi kelelahan mata.

6. ExpertBook B9 dibangun secara kokoh dengan paduan magnesium-lithium dan penguatan struktural untuk meningkatkan kekuatan. Laptop ini juga menjalani pengujian internal yang ketat termasuk uji tekanan panel, guncangan dan jatuh untuk memastikan daya tahan, sehingga tidak perlu khawatir terhadap benturan yang mungkin terjadi. 

Mengapa harus ASUS ExpertBook B9 (B9400) ?

Laptop ASUS ExpertBook B9 (B9400) merupakan laptop Intel Evo terverifikasi, rasanya tidak diragukan lagi bahwa laptop yang terbaik dikelasnya dalam kinerja, efisiensi dan konektivitas.

Laptop ini juga memuat port I/O termasuk Thunderbolt mutakhir yang merupakan generasi penerus dari kabel universal yang menawarkan dukungan antarmuka USB 4 level dengan kecepatan transfer data 40 Gbps.

Dengan teknologi peredam bising bertenaga A1 yang menggunakan teknik yang canggih yang mencakup fungsi untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker dan fungsi hilir untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara. Terdapat juga tombol pintas untuk mengaktifkan atau mematikan mikrofon menjadi lebih mudah. 

Biasanya ketika mulai ngeblog, aku juga suka memutar lagu, akan cocok sekali rasanya karena laptop ini memiliki audio terbaik berkat empat mikrofon omnidirectional, teknologi penguat pintar dan speaker bersertifikat Harman/Kardon. Mikrofon terletak di bezel untuk memastikan posisi optimal untuk menangkap suara. Sementara teknologi Golden Ear berfungsi untuk memastikan surround sebenarnya. 

Untuk masalah pengetikan, kontrol kursor pada ExpertBook B9 terkesan nyaman sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan, sangat bermanfaat sekali bagiku untuk mengetik tulisan di blog tentunya.

Terdapat juga bilah khusus dengan sebutan Alexa memiliki kemampuan cerdas untuk merespon sesuatu secara sigap. Respons tersebut berupa alarm, notifikasi pesan dan email.

Selanjutnya, link ke MyASUS secara mulus menghubungkan ExpertBook B9 ke ponsel sehingga proses transfer file dan alamat situs web, terima pemberitahuan pop-up, baca dan kirim pesan, menerima atau melakukan panggilan dapat dilakukan dengan mudah. 

Yang tak kalah penting, dengan beberapa lapisan keamanan tanpa batas di laptop ExpertBook B9 ini telah diverifikasi sebagai PC Windows Secured-core - jaminan keamanan data dan aset terbaik di kelasnya untuk bisnis sehingga manajemen bisnis menjadi lebih mudah dengan ASUS Business PC. 

Terakhir, komitmen untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan yaitu ASUS memastikan semua produknya sesuai dengan persyaratan lingkungan di semua tahap siklus hidup produk mereka. Bersertifikat Energy Star® 7.1 dan dinilai oleh EPEAT™ Gold, ExpertBook B9 hemat energi untuk membantu mengurangi biaya dalam jangka panjang. Selain itu, aksesori box yang hadir dengan ExpertBook B9 berubah menjadi dudukan laptop sehingga terkesan multifungsi.

Kesimpulan

Finally, dengan penjelasan yang panjang lebar diatas, tidak salah jika laptop ExpertBook B9 ini adalah laptop idaman dan menjadi resolusiku di tahun 2021. Kedepannya, aku ingin proses "membangun" blog dan rencana bisnis melalui blog ini dapat berjalan mulus dengan dukungan fitur dan spesifikasi yang ada di laptop ExpertBook B9 ini.

Sumber : 







0 comments:

Post a Comment