Sunday 16 October 2022

Aku dan Blog : Sedekat Apa?

 

What a sunshine day!

Senang sekali, setelah sekian lama blog ini vakum, akhirnya kali ini aku kembali menulis lagi, yeayy.. Sedikit cerita, beberapa bulan lalu aku vakum dari blog bukan karena alasan, tetapi memang kondisi tubuh mengharuskan aku untuk bedrest. Dan sekarang, kesibukan merangkai kalimat dalam kegiatan ngeblog ini aku rasakan kembali. Jujur, aktivitas seperti itulah yang membuatku rindu, hehe...

Perlahan aku mulai menyadari, ini adalah hobiku. 


Awal Mula Kenal dengan Blog

Kala itu, aku sedang duduk di kelas XII. Ketika mendapat pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), aku begitu antusias karena aku rasa pelajaran ini tidak membosankan, terlebih aku dikenalkan dengan perkembangan teknologi yang mempermudah pekerjaan. 

Sisi lain, aku adalah pribadi yang selalu ingin tahu. Itulah mengapa, berbekal pelajaran TIK yang aku dapat, aku sudah mahir menjalankan aktivitas email, dimana pada saat itu email masih jarang digunakan ketika aku SMA, berbeda ketika aku mulai kuliah, dimana tugas-tugas harus di kirim melalui email. Bahkan sebelum itu, ketika aku apply beasiswa di kampus yang aku tuju, aku diminta untuk mengirimkan email, tentu bukan merupakan hal yang sulit bagiku.

Tak lama berselang, aku begitu nyaman dengan aktivitas searching di internet, hingga aku banyak berjumpa dengan artikel-artikel dari berbagai kalangan blogger. Dan saat itulah, aku belajar secara otodidak bagaimana membuat blog dan mulai menjalankannya.

Sudah kenal, Lalu Makin Dekat

Weyy.. kalau membaca dari subjudulnya kelihatan seperti PDKT yah, hihihi... 
Memang, seperti itulah ibaratnya. 

Aku membangun blog dari tahun 2015, namun aku masih banyak belajar. Hingga tahun 2018 aku mulai menuangkan tulisanku berjudul IT'S ME pertama kali di blog, bukan karena apa-apa, tetapi kala  itu aku sedang GALAU. 

Yup, perasaan seperti itu tak bisa aku hindari mengingat pada saat-saat itulah aku merasakan patah hati.

Aku hampir tidak bisa menyembunyikan perasaan galauku, aku hanya bisa menghibur diri salah satunya dengan tetap membaca artikel di internet. Hal yang berbeda aku temukan ketika membaca blog milik kak Indah Nada Puspita. Mestinya sudah tidak asing dong itu siapa? Dari blog ka Nada, aku banyak  menemukan inspirasi awal-awal menulis.

Berawal dari kegalauan tadi, kebanyakan orang mungkin mengekspresikan perasaannya melalui upload story galau , quotes bijak dan lain sebagainya. Berbeda denganku,  aku cukup nyaman untuk menceritakan kegalauanku melalui blog dengan menciptakan puisi. 

Aku : Menulis di Blog itu "Nagih"

Perlahan, hobiku ini kian aku geluti, berawal dari menulis blog aku juga bergabung dengan komunitas Blogger Perempuan. Dan aku pernah mengikuti challenge Blogger Perempuan Network (BPN) Ramadan tahun 2021. Disana aku diharuskan menulis di blog selama 30 hari berturut-turut dimana tema tulisan sudah ditentukan setiap harinya. Hasilnya aku bisa masuk  dalam salah satu kategori dan berhasil memenangkan giveaway totebag eksklusif dari Blogger Perempuan. 


Tak hanya itu, baku pun pernah mendapat tawaran endorsement dari beberapa produk, salahsatunya adalah Scarlett. Masih teringat, pertama kali aku mendapatkan tawaran itu ketika bulan Ramadhan, tentu bagiku ini adalah berkah yang tak dapat disia-siakan. Oiya, review produk Scarlett dapat dibaca disini yah.

Tawaran berikutnya datang lagi, aku tetap diharuskan mereview produk Scarlett dan tentunya selain mendapatkan fee, aku juga mendapatkan produk Scarlett secara cuma-cuma. Bagi yang ingin membaca reviewku bisa dilihat disini yah..

Ingin Terus Belajar Mendalami Blog

Hingga saat ini, aku masih menekuni blog sebagai my daily journal. Bahkan,aku  bermimpi melalui blog ini aku bisa tetap produktif dan tentunya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat tak hanya bagi diriku namun juga bagi pembaca blog ini.

Tips Bagi yang Ingin Memulai Blog

Seperti yang aku jelaskan diatas, aku masih ingin terus belajar, mendalami dan mengasah skill menulis untuk meningkatkan kualitas isi dari blog ini. Berangkat dari pengalamanku, ada beberapa tips bagi yang ingin memulai blog, diantaranya :
  1. Antusias ingin belajar
  2. Rajin membaca, mencari  sumber referensi
  3. Belajar dari orang lain
  4. Inovatif 
  5.  Tekun dan Konsisten
Nah itu dia tips dari aku bagi yang ingin memulai blog.
Kira-kira adakah yang ingin memulai blog? Atau sudah aktif ngeblog? 
Yuk saling menyapa, silakan komen di bawah yaa..

1 comment:

  1. Saya juga dulu awalnya ngeblog karena suka nulis aja, suka menyimpan cerita dalam bentuk tulisan, udah lama saya ngeblog sejak tahun 2006 atau 2007 ya.
    Tapi cuman sekadar nulis sih, dulu tuh nulis di notes Friendster, terus di Multiply.

    Lalu pindah ke wordpress, juga pindah ke blogspot, eh jadinya tetap di blogspot seterusnya.

    Tahun 2018 beli domain sendiri deh, dan fokus monetisasi blog :)

    ReplyDelete